PORTAL KBR

Ini Dia 7 Manfaat Sehat Kuning Telur

Kuning telur sering dijauhi karena dianggap tidak sehat, banyak mengandung kolesterol dan bikin gemuk. Meski tidak lebih sehat dibanding bagian putihnya, tapi kuning telur tetap punya manfaat sehat lho. Apa saja?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kuning telur banyak mengandung kolesterol yang dapat membahayakan jantung. Tapi ada pula yang berpendapat bahwa efek kolesterolnya tidak seberapa bila dikonsumsi dalam jumlah normal dan oleh orang yang sehat.

Jika dibandingkan dengan putih telur, kuning telur memang tak lebih sehat. Bagian putih dari telur mengandung semua protein yang disebut albumin dan zat ini dapat membuat jantung sehat.

Tetapi kuning telur juga memiliki manfaat kesehatan. Kuning telur adalah makanan untuk tumbuh bagi embrio ayam atau bebek. Dengan demikian, kuning telur kaya akan nutrisi penting. Itulah sebabnya, meskipun ada bahayanya, kuning telur masih bisa menyehatkan.

Berikut beberapa manfaat sehat dari kuning telur bila dikonsumsi secara normal dan tidak berlebihan, seperti dilansir Boldsky, Kamis (31/1/2013):

1. Meningkatkan testosteron
Kuning telur mengandung zinc yang terkonsentrasi. Zinc (seng) adalah trace mineral dan tidak mudah tersedia dalam sumber makanan. Jadi, makan kuning telur dapat membantu pria meningkatkan tingkat hormon laki-lakinya.

2. Mencegah penggumpalan darah
Selama ini Anda mungkin hanya mendengar bahwa kuning telur tinggi kolesterol dan karenanya tidak sehat untuk jantung. Namun, protein yang ada di bagian kuning telur dapat menunda pembentukan gumpalan darah.

3. Anti inflamasi (peradangan)
Kuning telur mengandung kolin yang merupakan zat anti inflamasi. Ini berarti orang yang memiliki rasa sakit atau penyakit inflamasi seperti osteoporosis atau arthritis, dapat mengonsumsi kuning telur untuk mengurangi rasa sakit.

4. Bagus untuk mata
Bagian kuning telur sangat baik untuk mata. Khususnya untuk anak-anak yang sedang tumbuh kembang, kuning telur membantu mata berfungsi dengan baik dan bahkan mempertajam penglihatan.

5. Sumber vitamin B12
Kuning telur merupakan sumber yang paling terkenal untuk vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk berfungsinya sistem saraf.

6. Mencegah degenerasi otot
Salah satu manfaat kesehatan utama dari kuning telur adalah menghentikan degenerasi otot. Nutrisi yang hadir dalam kuning telur membantu otot untuk rileks dan berkontraksi.

7. Kaya zat besi
Kuning telur kaya akan zat besi sehingga sangat bagus untuk wanita hamil. Wanita pada umumnya memiliki kecenderungan untuk memiliki jumlah hemoglobin yang rendah. Jadi, mengonsumsi satu kuning telur mentah sehari bisa menjadi ide yang baik untuk wanita.

Ini adalah beberapa manfaat dari kuning telur. Namun, pasien jantung, orang dengan tekanan darah tinggi atau kadar trigliserida tinggi harus benar-benar menghindari kuning telur atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

0 Response to "Ini Dia 7 Manfaat Sehat Kuning Telur"

Post a Comment