PORTAL KBR

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala. Tidur merupakan aktifitas yang rutin dilakukan setiap orang, baik malam ataupun siang hari. Beberapa orang melakukan tidur pada siang hari untuk menyegarkan kembali tenaga saat sedang rehat dari aktifitas, tapi yang mayoritas orang pasti lakukan adalah tidur pada malam hari. Tidur malam adalah sebuah aktifitas untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktifitas.

Terkadang beberapa orang lebih memilih untuk tidur sangat larut malam, bahkan tidak tidur sampai matahari terbit. Ini bukanlah suatu tindakan yang benar, jam biologis tubuh dapat terganggu jikalau jam tidur berkurang. Tidur adalah aktifitas primer yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan tidur dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi dan mudah lupa. Kekurangan tidur berarti tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat yang dapat menuntun tubuh pada gangguan kesehatan yang cukup berbahaya seperti stroke, diabetes, obesitas, hipertensi, dll. Waktu yang direkomendasikan untuk tidur adalah sekitar 7-8 jam bagi orang dewasa, dan kurang lebih 10 jam bagi anak-anak dan remaja.

Kekurangan tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan berbahaya, tapi tidur berlebihan pun dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang cukup berbahaya. Pada saat tidur, metabolisme tubuh berjalan lebih lambat. Lambat laun, tidur berlebih dapat mengantarkan anda pada obesitas atau kelebihan berat badan. Tidur baik untuk pembentukan ingatan, tetapi tidur berlebih dapat memperlambat fungsi sel otak sehingga menjadi mudah lupa. Terlalu banyak tidur pun dapat mempengaruhi kehidupan sosial anda. Tidur berlebih dapat membuat anda melewatkan aktifitas sosial yang seharusnya anda lakukan. Selain itu, tidur berlebih pun dapat membuat anda terkena gangguan kesehatan lain seperti diabetes, nyeri punggung hingga depresi.

Sebagian orang memilih untuk mematikan lampu ketika tidur pada malam hari. Sebagian lagi memilih tetap menyalakannya ketika tidur pada malam hari. Beberapa orang yang memiih mematikan lampu ketika tidur malam, menganggap lebih nyaman tidur dengan keadaan lampu mati. Selain terasa lebih nyaman, tidur juga lebih nyenyak. Orang-orang yang memilih tetap menyalakan lampu ketika tidur malam, beberapa karena merasa takut dan tidak nyaman jika harus mematikan lampu dan keadaan ruangan menjadi gelap total.

Tidur malam dengan kondisi ruangan yang gelap total dapat memberikan efek kesehatan yang bagus pada tubuh. Lalu tahukah anda bahwa tidur malam dengan lampu menyala dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan yang cukup serius? Beberapa orang yang memilih untuk tetap menyalakan lampu ketika tidur malam mungkin tidak mengetahuinya, tetapi tidur malam dengan keadaan lampu yang menyala dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan yang cukup serius seperti kanker, kardiovaskular dan gangguan sistem metabolisme. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang mengancam jika anda tidur malam dengan keadaan lampu yang menyala:

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

  • Laporan hasil penelitian OHIO STATE UNIVERSITY MEDICAL CENTRE menyatakan bahwa, tidur dengan keadaan lampu yang menyala dapat menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi.

  • Hormon melatonin yang merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh untuk pertahanan terhadap gangguan kesehatan berbahaya seperti kanker prostat dan kanker payudara tidak akan berproduksi jika anda tidur dengan keadaan lampu yang menyala. Adanya sinar atau cahaya akan membuat produksi hormon melatonin ini terhenti. Maka dari itu, sebaiknya matikan lampu anda ketika tidur malam hari.

  • Paparan cahaya lampu saat tidur malam hari juga tidak bagus bagi wanita karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar bagi kaum wanita.

  • Tidur dengan lampu menyala juga dapat mengakibatkan jam biologis tubuh terganggu, akibatnya anda dapat terkena gangguan tidur, penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolisme. Serta kemungkinan terkena diabetes yang mengancam hidup anda.

Sekarang anda telah mengetahui bahaya tidur malam dengan keadaan lampu yang menyala. Sejauh ini ternyata tidur malam dengan keadaan lampu yang mati dan ruangan yang gelap total mendatangkan banyak manfaat. Selain menghemat energi, gangguan kesehatan yang berbahaya pun bisa dihindari dengan ruangan yang gelap saat tidur malam. Jadi, lakukanlah tidur malam tanpa lampu yang menyala mulai dari sekarang,

0 Response to "Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala "

Post a Comment