PORTAL KBR

5 Latihan Cocok bagi Anda yang Sibuk di Kantor

pangkalan bun - Tidak memiliki banyak waktu bukan lagi alasan bagi seorang pekerja kantoran untuk tidak berolahraga. Olahraga tetap dapat Anda lakukan meski sedang berada di depan meja kerja di sela-sela pekerjaan dengan latihan sederhana.

Banyak pekerja kantoran yang menghadapi berbagai masalah kesehatan karena terlalu banyak duduk di depan komputer sehari-hari dan kurang melakukan aktivitas fisik. Olahraga ringan yang dapat Anda lakukan di kantor dapat membantu menjauhkan Anda dari berbagai masalah kesehatan karena terlalu banyak duduk, seperti obesitas, penyakit jantung dan pengeroposan tulang.

Berikut 5 teknik latihan sederhana yang dapat Anda lakukan di meja kerja, seperti dikutip dari Askmen, Rabu (26/12/2012) antara lain:

1. Squat di Kursi Kantor Latihan sederhana seperti squat atau jongkok di kursi kantor dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang mudah dilakukan untuk pekerja yang sibuk. Mulailah dengan berdiri tegap dan merilekskan bahu Anda. Cara ini dapat memusatkan beban tubuh pada kaki dan membantu memastikan bahwa Anda melakukan teknik squat dengan benar.

Luruskan punggung Anda kemudian turunkan pantat hingga jarak satu inci dari kursi. Ingatlah untuk selalu menjauhkan lutut di belakang jari-jari kaki untuk menjaga stres pada sendi lutut. Tahan gerakan ini hingga 10 detik dan berdirilah kembali ke posisi normal dengan bertopang pada otot-otot di pantat.

2. Push Up dengan Tumpuan Meja Kantor Untuk memperkuat otot-otot tubuh bagian atas, pekerja kantor yang terlalu sibuk dapat melakukan latihan sederhana di depan meja kerjanya. Caranya adalah dengan mencoba gerakan seperti push up dengan bertumpu pada meja kerja. Pastikan agar tubuh Anda dalam keadaan lurus dan siku membentuk sudut 90 derajat dengan meja

Dengan bertahan pada posisi ini, tekuk salah satu lutut ke depan dan lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali bergantian lutut kanan dan kiri. Kemudian lanjutkan dengan gerakan push up sebanyak 5 kali dan ulangi serangkaian latihan ini sebanyak 3 sampai 4 kali perulangan.

3. Pose Pesawat Terbang Seorang pekerja yang sehari-harinya hanya duduk di depan meja kerja, harus melakukan latihan dengan berfokus pada daerah-daerah seperti paha bagian belakang dan punggung. Mulailah latihan dengan berdiri tegap, bahu dan kepala harus dalam keadaan rileks.

Kemudian angkat salah satu kaki ke belakang dan berdirilah dengan satu kaki. Tarik kaki yang tidak menjadi tumpuan hingga memanjang ke belakang, sehingga dada Anda sejajar dengan lantai membentuk posisi seperti pesawat terbang. Tahan selama 3 detik sebelum kembali ke posisi awal, kemudian ulangi latihan ini selama 1 menit sebelum beralih kaki dan mengulangi gerakan yang sama dari awal.

4. Gerakan Mendorong Langit-langit Postur tubuh seseorang sering terganggu jika dirinya terus-menerus duduk seharian. Untuk memperbaikinya, lakukan latihan sederhana di kantor dengan duduk pada posisi sempurna, yaitu dengan memanjangkan tulang punggung dan membuat tubuh Anda setinggi mungkin.

Dorong badan Anda ke depan dengan membuka dada dan mendorong kedua lengan ke atas seolah-olah sedang mendorong langit-langit di atas kepala Anda. Tahan posisi ini hingga beberapa menit dan pastikan agar tulang punggung Anda tetap lurus.

5. Goyang Bokong Hampir semua orang dewasa pernah merasakan nyeri punggung bagian bawah selama hidupnya yang mungkin disebabkan karena posisi duduk yang salah. Hal ini dapat diatasi dengan latihan sederhana di kursi kantor.

Mulailah dengan duduk dan angkat salah satu bokong Anda dari kursi dan kembalikan ke posisi semula. Ulangi gerakan ini pada sisi bokong yang lain secara bergantian seperti menggoyangkan kedua bokong dan lakukan latihan ini selama 30 detik. Bisa juga dilakukan dengan memutar badan sambil duduk di kursi kerja.



0 Response to "5 Latihan Cocok bagi Anda yang Sibuk di Kantor"

Post a Comment